Usman Blog's: Perintah-Perintah Dasar di Linux Ubuntu

Perintah-Perintah Dasar di Linux Ubuntu

Baik kali ini saya akan memberi tutorial tentang perintah-perintah dasar pada linux ubuntu dan sekitarnya...

Yang pertama adalah [ sudo ]

sudo adalah singakatan dari Super User Do. yang artinya mendeklarasikan yang akan memberi perintah adalah super user atau Administratornya. Contoh :

sudo apt-get install apache

kedua...

[ apt-get ] 

adalah singkatan dari aptitude-get. digunakan saat kita akan menginstall sebuah paket di linux. jika akan menginstall contonya sama yang pertama. Dan apabila kalian ingin me-uninstall atau menghapus paket. maka perintahnya seperti berikut:

sudo apt-get remove --purge apache


[ ls ]

digunakan untuk menampilkan list file atau direktori di linux. untuk atributnya, silahkan kalian liat dengan mengetikan perintah ls -h (help page). akan tetapi output dari ls tanpa atribut terkadang idak membantu dan biasanya saya menambahkan atribut -lah untuk melihat siapa ownernya, dan berapa ukuran dari (readable format)


[ Grep ]

Perintah ini berfungsi untuk memfilter list file atau direktori yang ditampilkan ls sesuai dengan pola yang kita tentukan. Misalnya, dalam sebuah folder ada banyak file dengan berbagai macam ekstensi, dan kita hanya akan menampilkan ekstensi *.txt saja. Perintahnya adalah :

 ls -lah | grep *.txt



 
Output dari perintah diatas adalah menampilkan list file yang berekstensi *.txt Grep juga bisa digunakan dengan pola lain, misalkan berdasarkan nama file yang mengandung "xxx". Contoh :

 ls -lah | grep UPDATE

Outputnya adalah semua file atau direktori yang mengandung kata "UPDATE" akan dimunculkan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Usman Blog's Urang-kurai